Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Jamaluddin melepas 252 calon jemaah haji (calhaj) menuju embarkasi Palembang Sumatera Selatan untuk menujukan ibadah haji di Mekkah.

"Selalu jaga kesehatan supaya menjadi haji mabrur," kata Ridwan Jamaluddin saat melepas calhaj di Asrama Haji Provinsi Kepulauan Babel, Selasa.

Ia mengatakan sebanyak 252 orang calhaj ini tergabung dalam kloter 4 berasal dari Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Barat menuju embarkasi Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

 Sementara itu, sebanyak 230 orang calhaj tergqbung kloter 5 dari Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan akan berangkat Rabu (29/6/2022) menuju Embarkasi Palembang untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

"Untuk perjananan haji sendiri memakan waktu 40 hingga 41 hari, jadi diperkirakan calhaj Babel tiba di tanah suci pada pertengahan Agustus mendatang," ujarnya.

Ia berpesan kepada calhaj yang lebih muda untuk mendampingi calhaj yang lebih tua dan bergerak dalam berkelompok kelompok, karena banyak juga orang yang sesat kehilangan jalan, jangan pergi sendiri sendiri.

"Saya berharap calhaj kompak, saling bantu dan memperbanyak mengkonsumsi air dan makanan sehat, agar selalu sehat menjalani prosesi ibadah haji nanti," ujarnya.

Salah seorang calhaj asal Belitung Atmo Karim mengaku sangat senang dan bahagia bisa terpilih calhaj yqng diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

"Ditunda dua tahun karena covid 19, ya senang karena alhamdulillah dapat terpilih dari peserta Belitung yang jumlahnya 200 dan saya termasuk salah satu peserta , dari pendaftaran pertama sembilan tahun, sudah itu ditunda dua tahun jadi 11 tahun jadi baru berangkat sekarang," katanya.  **3**

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022