Perpustakaan Desa Teluklimau, Kabupaten Bangka Barat berhasil meraih prestasi terbaik dalam implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Ajang kompetisi ini merupakan kegiatan Perpustakaan Nasional RI yang dilaksanakan di setiap provinsi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dio seluruh perpustakaan desa dan perpustakaan daerah," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rakhmadi di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia, melalui kompetisi tahunan tersebut diharapkan para pengelola dan pustakawan semakin kreatif dan inovatif dalam mengelola perpustakaan sehingga perpustakaan bisa benar-benar hadir dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kami juga mengajak seluruh pemangku kepentingan termasuk BUMN untuk bisa membantu seluruh perpusdes di Babel dalam mengembangkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," ujarnya.

Perpustakaan Desa (Perpusdes) Teluklimau Kabupaten Bangka Barat berhasil meraih penghargaan terbaik berdasarkan pelaporan sistem informasi perpustakaan, sedangkan Perpusdes Airgantang di tempat kedua.

Pelatih utama program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Babel Cahya Triwulan mengatakan penghargaan tingkat Provinsi Babel ini diberikan sebagai dorongan terhadap perpusdes agar semakin bersemangat dalam kreasi dan inovasi untuk pengembangan program transformasi perpustakaan.

"Mereka yang mendapatkan penghargaan ini telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Selain tingkat Provinsi Babel, akhir tahun 2022 ini akan ada penghargaan tingkat nasional yang akan diselenggarakan Perpusnas RI," kata Cahya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022