Ribuan angler atau pemancing menyerbu Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang dikelola PT Timah Tbk di Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka untuk mengikuti event mancing 'Castbar In Harmony', Minggu (7/8/2022).

Event mancing yang diselenggarakan Tins Fishing Club dan Bangka Fishing Club ini didukung oleh PT Timah Tbk ini merupakan kegiatan menyambut HUT ke 77 Republik Indonesia. Sebanyak 1.280 angler yang tergabung dari sekitar 140 club ikut berpartisipasi dalam event ini. 

Para peserta menyebar di Kawasan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang untuk memancing beragam jenis ikan. Dalam kejuaraan kali ini, ada dua katagori yang dipertandingkan yakni casting dan negek. 

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang merupakan kawasan yang lahan bekas tambang yang disulap menjadi Destinasi wisata dengan konsep agro eduecotourism. 

Kegiatan ini turut dihadiri Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto, Direktur SDM PT Timah Tbk Yennita, dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Timah Tbk, Fina Eliani, ketua komunitas mancing dan para angler. 

Ketua Panitia Castbar In Harmony Revigho mengatakan, ini merupakan event mancing terbesar dan meriah di tahun 2022. Dimana jumlah peserta mencapai ribuan orang tidak hanya dari Pulau Bangka tapi juga dari Palembang. 

"Ini event terbesar di tahun 2022 khusus untuk mancing, 1.283 angler yang tergabung dalam 140 club. Biasanya peserta hanya 500-600 orang. Kita apresiasi kepada PT Timah Tbk dan sponsor lainnya yang telah mendukung kegiatan ini dengan jumlah peserta yang banyak," katanya. 
Ribuan angler serbu Kampoeng Reklamasi Air Jangkang PT Timah. (ANTARA/ Aprionis)


Ia menyebutkan, saat ini mancing telah menjadi lifestyle yang memang digandrungi berbagai kalangan. Dengan adanya event ini menjadi wadah bagi para angle untuk menyalurkan hobi dan mendapatkan hadiah.

Ia berharap kegiatan mancing di Bangka Belitung dapat terus didukung oleh PT Timah Tbk. Kolong bekas tambang tak dipungkirinya dapat menjadi salah satu tempat casting bagi para angler.

"Pak Dirut PT Timah Tbk terima kasih kita sudah dikasih tempat, bagi kami para pemancing sangat luar biasa yang tadinya kolong dan camui, tapi ini disulap PT Timah Tbk jadi tempat indah untuk casting. PT Timah Tbk luar biasa," sebut Founder Bangka Fishing Club ini. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto mengapresiasi para pemancing yang dengan kompak mengikuti kegiatan ini. 

"Saya bangga kita bisa berkumpul lomba casting. Saya bukan pemancing rasanya luar biasa, saya akan coba mancing," katanya yang disambut riuhan tepuk tangan para angler. 

Ia menyebut, Kampoeng Reklamasi Air Jangkang merupakan merupakan lahan bekas tambang untuk melestarikan alam agar terus terjaga dan manfaatnya bisa dirasakan secara bersama. 

"Kita melakukan pengelolaan lingkungan, agar kita bisa memanfaatkan alam yang kita jaga bersama. Semoga tempat ini punya kenangan indah dan bisa menimbulkan ide baru yang bisa dibuat lokasi serupa." katanya. 

Selain itu, menurutnya ajang ini sebagai sarana silaturahmi untuk mempererat silaturahmi para pemancing. 

Salah satu Komunitas yang ikut berpartisipasi dalam event ini Angler Babel. Ketua Angler Babel, Ojiek Keijo mengatakan sebanyak 32 anggotanya ikut dalam event mancing ini. 

"32 orang anggota yang ikut, hampir setengah anggota kelompok ikut semua. Event ini luar biasa karena belum ada yang semeriah ini," katanya.

Senada, Ketua Mawar Kampak Fishing Club, Tomo Yudha Prawira menyebutkan event mancing ini menjadi wadah bagi para angler untuk bisa casting bareng. 

"Mancing ini kan hobi, dengan adanya event ini jadi wadah buat castbar. Semoga kegiatan seperti ini sering diselenggarakan. Kami juga mengapresiasi kepada para panitia dan sponsor," ucapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022