Jamaah haji asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjalani pemeriksaan COVID-19 setibanya di Bandara Internasional H. AS Hanandjoeddin Belitung guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, Minggu siang.

"Sebelum kembali ke keluarganya para jamaah menjalani pemeriksaan COVID-19 terlebih dahulu," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Minggu.

Ia mengatakan, sebanyak 107 jamaah haji asal Belitung ditambah tiga orang jamaah haji asal Belitung Timur menjalani pemeriksaan COVID-19 di Base Ops Lanud ASH Hananjoeddin Belitung oleh petugas Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat.

Dia menjelaskan, pemeriksaan COVID-19 wajib dilakukan setelah sebelumnya para jamaah telah menempuh perjalanan panjang untuk kembali tanah air.

"Mereka bertolak dari Madinah menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menggunakan pesawat Saudi Airlines pada, Sabtu (6/8) kemarin pukul 18.50 Waktu Arab Saudi (WAS) dan tiba di tanah air pada hari ini pukul 08.30 WIB," ujarnya.

Selanjutnya jamaah haji asal daerah itu berpindah pesawat untuk diberangkatkan dari debarkasi Palembang menuju Belitung pada pukul 12.30 WIB dan tiba pukul 13.35 WIB.

Suyanto menambahkan, jamaah dapat kembali berkumpul bersama keluarga jika hasil pemeriksaan dinyatakan negatif COVID-19.

"Namun apabila ditemukan ada yang positif COVID-19 nanti ada standar operasional prosedur selanjutnya yang telah siapkan oleh petugas," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022