Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto memastikan peringatan HUT ke-77 RI di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan lebih meriah karena melibatkan masyarakat umum yang dapat mengikuti beragam perlombaan dan malam resepsi.

"Persiapan kegiatan HUT RI kita sudah matang, dari pidato kenegaraan, upacara bendera, ziarah ke pemakaman, tabur bunga di laut, pemberian revisi narapidana, penurunan bendera, pawai dan beberapa perlombaan yang akan kita gelar," kata Naziarto, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, setelah 2 tahun tidak menggelar perayaan HUT RI, tahun ini banyak yang berbeda dari tahun sebelumnya karena akan lebih meriah, ada perlombaan tradisional seperti lomba bakiak dan senam bedincak. Ada juga Babel Run 10km dan 25km, Gowes Bangka Go Green 25km dan 100 km dan penanaman bibit cemara.

"Setelah 2 tahun kita tidak menggelar perayaan apapun, tahun ini perayaan HUt RI kita lebih menonjol dengan adanya lomba tradisional, Babel run, gowes go green dan penghijauan penanaman bibit pohon," ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga akan menikmati pawai indah dan karnaval yang akan digelar pada 20-21 Agustus. Pawai indah atau Pawai baris berbasis diikuti siswa siswi sekolah SD, SMP dan SMA. Karnaval dapat diikuti masyarakat umum, baik dari organisasi, kepemudaan dan partai politik.

"Untuk kendaraan hias juga dapat diikuti sekolah tingkat atas, instansi pemerintah maupun instansi vertikal. Rute segera dipersiapkan, negitu juga untuk hadiah, trophy dan piagam yang akan diterima para peserta," ujarnya.*

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022