Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Reza Herdavid meminta Pemerintah Desa memberikan dukungan secara total kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Dukungan Pemdes kepada BUMDes harus secara total agar badan usaha itu dapat berkembang menjadi lembaga Mikro di Desa,"kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid saat pembukaan acara kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan BUMDes dan Lembaga Kerjasama Antar Desa di Hotel Marina Toboali, Rabu (10/8).

Dirinya berpesan kepada pengelola Bumdes harus terus membangun sinergi dengan semua pihak untuk menggali seluruh potensi yang ada di desa secara baik.

"Salah satu yang harus dipahami secara serius yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Tentang BUMdes dan Peraturan Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Pendaftaran,dan Pemeringkatan,Pembinaan dan Pengembangan Pengadaan Barang dan Jasa,"kata dia.

Menurut orang nomor satu di Bangka Selatan ini semua pihak harus menghilangkan ego sektoral untuk membangun perekonomian di desa sebab pembangunan itu multi sektor.

"Hilangkan ego sektoral agar dapat mempercepat terwujudnya kemandirian desa hingga dapat membalikkan fakta pertumbuhan ekonomi yang mencapai 70 persen berpusat di kota,"kata dia.

Dirinya berharap kepada semua pihak mulai dari Pemdes, badan pengawas dan pengelola Bumdes memiliki kompetensi dan komitmen untuk menggerakkan BUMDes sehingga maju dan berkembang.

"Kepada semua peserta Bimtek agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar ilmu yang diperoleh dapat dilaksanakan di lapangan sehingga Pendapatan Asli desa dapat meningkat dan mensejahterakan masyarakat,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022