Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat meminta seluruh sarjana membangun desa (SMD) untuk meningkatkan kreativitas dalam menjalankan tugas pendampingan pemerintah desa.

"Saya minta seluruh SMD agar lebih kreatif menjalankan tugas pendampingan agar pemerintah dan masyarakat desa dapat lebih maju dan berkembang," kata Bupati Tarmizi Saat di Sungailiat, Selasa.

Sebagai struktur organisasi pemerintah kata Bupati, pemerintahan desa merupakan ujung tombak pembangunan daerah dan hal itu tentunya pemerintahan desa harus mendapat dukungan penuh, termasuk keterlibatan sarjana membangun desa yang dianggap memiliki kualitas sumber daya manusia.

"Pemerintah desa yang terdiri dari seorang kepala desa, sekretaris serta perangkat desa lainnya, dituntut harus mampu mengembangkan potensi desanya guna kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Bupati mengatakan, tugas berat yang diemban pemerintah desa tentunya diperlukan berbagai masukan yang positif dari semua pihak termasuk para sarjana yang ada di desa itu.

"Secara umum, dari hasil laporan sekretaris desa bahwa SMD yang ditugaskan menjalankan pendampingan sudah dianggap cukup baik dan bila perlu ditingkatkan," ujarnya.

Menurut bupati, SMD yang menjalankan tugas pendampingan pemerintah desa agar dapat maju dan berkembang hendaknya dapat lebih ditingkatkan kerjanya, sehingga setiap masing-masing desa dapat bersaing yang positif guna pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.

"Saya berkeyakinan para SMD dapat menjalankan tugasnya dengan baik ke depannya karena sebelum terjun menjalankan tugas pendampingan yang bersangkutan sudah dibekali dengan berbagai ilmu, termasuk  sosiologi pedesaan, ilmu psikologi, pengantar ilmu hukum dan dasar-dasar lainnya," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015