Koba (Antara Babel) - Bank Sumsel Babel Cabang Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan produk simpanan pelajar (SimPel) untuk membudayakan menabung bagi kalangan siswa.

"SimPel ini merupakan program Bank Sumsel Babel secara umum dan di Bangka Tengah sudah siap dijalankan," kata Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Koba, Zandra di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, menjalankan produk dan program SimPel ini pihaknya bekerja sama dengan sejumlah lembaga pendidikan untuk semua tingkatan mulai dari Paud hingga SLTA.

"SimPel ini merupakan produk dari otoritas jasa keuangan (OJK). Dalam bank konvensional dinamakan produk SimPel, sedangkan bank syariah dinamakan SimPel iB," jelasnya.

Ia menjelaskan, setoran awal sebesar Rp5.000 dan setoran selanjutnya sebesar Rp1.000  serta bebas biaya administrasi dengan saldo minimum Rp5.000 dan saldo maksimum tidak dibatasi.
    
"Nanti akan ada program reward setelah saldo rata-rata dihitung dalam jangka waktu tertentu," katanya.

Ia menjelaskan, SimPel ini merupakan tabungan perseorangan untuk usia di bawah 17 tahun atau mereka yang belum wajib KTP.

"Pembukaan rekening yaitu pihak sekolah bekerja sama dengan pihak bank," ujarnya.

Ia menyatakan,  satu siswa hanya diperkenankan memiliki satu rekening SimPel atau SimPel iB di satu bank yang sama.
   
"Produk SimPel ini memberi edukasi kepada siswa terkait produk tabungan, mendorong budaya gemar menabung, melatih pengelolaan keuangan sejak dini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015