Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya mengembangkan destinasi wisata.

"Wisata budaya merupakan bagian dari daya tarik kepariwisataan, ini perlu dikemas dan dikembangkan dengan baik," kata Kepala Disbudparpora Kabupaten Bangka Tengah, Zainal di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, di antara kegiatan wisata budaya yang mesti dilestarikan dan dikembangkan yaitu Murok Jerami (panen padi dan makan bersama di hamparan sawah), Ruwah Kubur, Taber Laot, dan sejumlah kegiatan budaya lainnya yang menjadi agenda wisata potensial.

"Wisata budaya ini merupakan kegiatan rutin yang sudah menjadi tradisi di masyarakat dan terus dipertahankan secara temurun, maka ini mesti dikemas agar memiliki daya tarik wisata," katanya.

Ia mengatakan, agenda wisata daerah sebenarnya sangat banyak namun memerlukan anggaran lumayan besar untuk dimasukkan ke dalam agenda wisata.

"Agenda rutin kepariwisataan banyak yang ditiadakan dalam dua tahun ini karena kondisi daerah dilanda pandemi virus corona," ujarnya.

Ia mengatakan, promosi kepariwisataan terus digencarkan baik dalam dan luar daerah melalui berbagai kegiatan pameran karena itu penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Promosi merupakan kekuatan dunia kepariwisataan, maka terus digencarkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan mengenalkan potensi daerah," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022