Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan terkesan dengan kebersihan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam menyukseskan Presidensi Development Working Group (DWG) G20 di Negeri Laskar Pelangi itu.

"Saya kaget mulai dari bandara hingga hotel perhelatan G20 tidak ada satu pun sampah plastik yang terlihat," kata Luhut Binsar Pandjaitan di Belitung, Kamis.

Ia mengatakan Belitung yang sangat bersih dari sampah plastik ini akan membuat para delegasi G20 dari berbagai negara terkesan dan ingin kembali ke Pulau Belitung untuk berwisata maupun berinvestasi.

"Saya belum pernah ke area ini dan saya bilang ke gubernur, ‘Bagaimana kamu membersihkan pulau ini? Saya rasa kita semua menyadari, dalam perjalanan dari airport ke area ini, saya tidak melihat sampah plastik satupun,” katanya.

Baca juga: Luhut puji partisipasi masyarakat Belitung sukseskan G20

Baca juga: Luhut: G20 di Pulau Belitung untuk pembangunan dunia

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin mengucapkan terima kasih atas pujian Menko Marves kepada pemerintah daerah dalam menyukseskan G20 di Belitung ini.

“Alhamdulillah, Bapak Luhut begitu terkesan, minimal dari Bandara sampai Sheraton itu di mata Beliau sangat tertata rapi, pujian itu tidak hanya disampaikan kepada saya tetapi kepada para tamu-tamu lainnya," katanya.

Menurut dia, seluruh area begitu tertata rapi termasuk sambutan masyarakat yang ramah kepada para delegasi G20.

"Kegiatan-kegiatan bertaraf Internasional memang sudah selayaknya harus melibatkan masyarakat. Terlebih seluruh masyarakat sudah menargetkan untuk menjadi tuan rumah yang baik selama G20 ini digelar," ujarnya.

Baca juga: Luhut ajak negara anggota G20 bangun ekonomi biru dan hijau demi masa depan

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022