Pangkalpinang (Antara Babel) - Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) dibantu Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap ruang tahanan di Mapolda, Selasa.

"Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan memberikan arahan kepada personel penjagaan tahanan agar tetap mengerjakan piket jaga tahanan sesuai dengan prosedur," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Babel, AKBP Abdul Mun'im, Selasa.

Ia mengatakan, pemeriksaan terhadap ruang tahanan tersebut dipimpin oleh Kasubbid Provos Bid Propam, AKP Sophian yang didampingi beberapa personel Dittahti Polda Babel.

"Pemeriksaan terhadap ruang tahanan itu juga merupakan kegiatan rutin supaya dalam penjagaan tahanan tetap dilakukan sesuai SOP yang berlaku," jelasnya.

Sementara Kasubbid Provos Bidpropam Polda Babel, AKP Sophian menyebutkan dalam pemeriksaan sementara, tim yang dipimpinnya belum menemukan barang-barang berbahaya didalam ruang sel tahanan dan kondisi penghuni tahanan juga tampak tertib.

"Kami minta penjaga piket tahanan memperketat pengawasan pada siang dan malam hari serta rutin memeriksa barang bawaan pembesuk tahanan dan memantau kondisi tahanan. Ini untuk menghindari terjadinya tahanan kabur atau tahanan bunuh diri," katanya.

Dalam pemeriksaan itu, pihaknya mengecek lokasi yang kemungkinan digunakan untuk menyembunyikan barang terlarang. Pemeriksaan tahanan pun dilakukan bersama anggota piket yang diawasi pula oleh Provos.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015