Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan karena telah lima kali berturut-turut meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Penghargaan ini diraih atas laporan keuangan yang akuntabel, tepat dan cepat," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Bangka Tengah Elly Irsyah di Koba, Babel, Jumat.

Elly menjelaskan Bangka Tengah sebenarnya lebih dari lima kali meraih WTP sejak 2013, tetapi yang diberikan penghargaan adalah minimal lima kali berturut-turut, 10 kali, dan 15 kali berturut-turut.

"Penghargaan ini kami terima dalam acara puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 dengan tema 'Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' pada Kamis (22/9/2022) yang kami ikuti secara virtual," jelasnya.

Dalam rakernas tersebut diserahkan penghargaan WTP tahun 2021, WTP minimal 5 kali, WTP minimal 10 kali dan WTP minimal 15 kali oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati. Khusus untuk WTP 2021 dan WTP minimal 5 kali diumumkan melalui tayangan video.

"Saya mengharapkan seluruh OPD mampu mempertahankan opini WTP dan bertekad meraih penghargaan opini WTP untuk kategori 10 kali berturut-turut," katanya.

Menurut dia, setiap tahun terdapat tantangan yang begitu sulit dalam menyusun laporan keuangan, namun tetap bisa diselesaikan dengan baik tanpa ada persoalan.

"Tujuan kita yang sebenarnya dalam laporan keuangan itu adalah akuntabel, tanggung jawab dan profesionalitas. Penghargaan ini adalah penyemangat untuk bekerja lebih hati-hati dan profesional," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022