Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka Tengah, Babel, mencatat sebanyak 5.327 keluarga penerima manfaat (KPM) sudah menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pos dana desa (DD).

"Tercatat sebanyak 5.327 KPM yang menjadi sasaran BLT DD dan mereka tersebar di 56 desa di enam kecamatan," kata Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka Tengah Padlillah di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, BLT DD merupakan bantuan bagi kalangan kurang mampu dari APBN yang disalurkan ke seluruh desa melalui Dinas Sosial dan PMD.

"Bantuan BLT disalurkan per triwulan dengan nomimal Rp300 ribu per PKM yang langsung disalurkan kepada yang bersangkutan tanpa diwakilkan," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya BLT ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi bahan kebutuhan dapur yang merangkak naik pasca penyesuaian harga BBM.

"BLT untuk keluarga penerima manfaat itu diambil dari pos dana desa (DD). Data penerima juga berasal dari pemerintah desa yang diteruskan ke Dinsos Bangka Tengah," katanya.

Pemkab Bangka Tengah sudah menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) senilai Rp4,8 miliar.

"Total kita sudah salurkan Rp4,8 miliar BLT untuk 5.327 PKM di 56 desa," ujarnya.

Selain BLT DD, Pemkab Bangka Tengah juga sudah menyalurkan BLT BBM kepada 6.711 keluarga penerima manfaat (KPM)

"Masih tersisa sebanyak 359 KPM yang belum menerima dari total sebanyak 7.070 sasaran di enam atau seluruh kecamatan," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022