Sebanyak 4.857 warga lanjut usia di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mendapatkan vaksin COVID-19 booster atau dosis ketiga.

"Sebanyak 4.857 warga lanjut usia sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau 60,14 persen dari total 10.936 sasaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah dr Anas Maarif di Koba, Jumat.

Sementara warga lanjut usia (lansia) yang mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 8.076 orang atau sebesar 73,85 persen dan dosis kedua sebanyak 7.427 orang atau 67,91 persen.

"Kami mendorong percepatan vaksinasi untuk kalangan lansia dengan pola jemput bola dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19," kata Anas.

Pemkab Bangka Tengah bekerja sama dengan Polres Bangka Tengah memobilisasi para lansia untuk datang ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat.

"Pemerintah menyiapkan kendaraan operasional untuk menjemput warga lanjut usia ke rumah," ujarnya.

Pemerintah daerah melakukan percepatan program vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal.

Anas juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai wabah penyakit hepatitis akut dengan terus meningkatkan pola hidup sehat.

Sementara data Dinkes Bangka Tengah, tidak ada penambahan warga terpapar COVID-19 dan tercatat warga yang terkonfirmasi positif virus COVID-19 sejak 2019 hingga sekarang sebanyak 8.136 kasus.

Dari angka 8.136 itu, sebanyak 201 orang meninggal dunia dan sisanya dinyatakan sembuh.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022