Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung untuk meningkatkan kompetensi tenaga penyuluh lapangan.

"Kita sudah menjalin kerja sama dengan BPP Lampung, bahkan sekarang kita sudah menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan penyuluh," kata Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Sajidin di Koba, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama Pemkab Bangka Tengah dengan BPP Lampung dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan meningkatkan fungsi kelembagaan petani di bidang pertanian.

"Kegiatan berlangsung selama lima hari yang diikuti sebanyak 18 orang yang terdiri dari tujuh penyuluh pertanian dan 11 orang petani yang berasal dari kecamatan se-Bangka Tengah," jelas Sajidin.

Menurut dia, dalam beberapa tahun terakhir pembangunan pertanian di Bangka Tengah termasuk yang terdepan dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Babel.

"Kami berharap kerja sama dengan BPP Lampung terus ditingkatkan dan menginisiasi beberapa program yang harus dijalankan agar kualitas pertanian di Bangka Tengah semakin baik," ujarnya.

Sajidin mengutarakan harapannya agar melalui kerja sama ini akan ada bantuan sarana dan prasarana untuk peningkatan kapasitas dalam memberikan pelayanan di bidang pelatihan petani kepada masyarakat.

"Tentu Pemkab Bangka Tengah memberikan apresiasi kepada BPP Lampung yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan pelatihan dan selalu berupaya mewujudkan program dalam peningkatan kapasitas SDM pertanian di Bangka Tengah," ujar Sajidin.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022