Ratusan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar apel siaga dan bergotong royong membersihkan sampah di kawasan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Baturusa Kota Pangkalpinang. 

"Kegiatan ini diprakarsai Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin dalam mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas yang dibangun pemerintah provinsi yang masih kotor," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di PPI Baturusa, Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan apel siaga dan gotong royong yang diikuti ratusan ASN gabungan dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yaitu BPBD, Satpol PP, Dinsospemdes, DLHK, Disperindag, Karo Umum di Lingkungan Pemprov Kepulauan Babel, dalam rangka mengoptimalkan pelabuhan perikanan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah, kegiatan ini dipimpin langsung Penjabat Gubernur Kepulauan Babel dan berlangsung dengan baik dan lancar," katanya.

Ia menyatakan PPI seluas 5,2 hektare ini merupakan peralihan dari TPI milik Pemerintah Kota Pangkalpinang yang kini dikelola oleh Pemprov Kepulauan Babel dan sejak Agustus 2022 Pemprov Babel telah membangun berbagai fasilitas seperti 102 lapak pedagang ikan, toilet umum, pos keamanan dan fasilitas pendukung lainnya.

"Fasilitas ini masih kotor dan harus dibersihkan, agar masyarakat mau berbelanja ikan di PPI ini," katanya.

Ia berharap masyarakat nelayan khususnya pedagang di PPI ini menjaga kebersihan lingkungan tempat pelelangan ikan ini.

"Kami mengajak para pedagang dan nelayan untuk membudayakan budaya bersih, agar PPI ini aman, nyaman dan tidak menimbulkan bau busuk yang akan mengganggu kenyamanan pengunjung pasar ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022