Pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan merupakan salah satu komitmen yang dilakukan PT Timah Tbk sebagai perusahaan penambangan. PT Timah Tbk terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. 

Selain melakukan reklamasi di lahan bekas tambang perusahaan, PT Timah Tbk juga ikut berperan dalam mendukung pelestarian lingkungan yang dilakukan stakeholder. 

Upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan PT Timah Tbk di Kabupaten Bangka Barat diantaranya dengan melakukan penanaman mangrove. Medio Januari-September 2022, PT Timah Tbk telah enam kali melakukan penanaman mangrove di Kabupaten Bangka Barat. 

Lokasi penanaman mangrove dilaksanakan di Pantai Tanjung Pakdan, Pantai Teluk Rubiah, Pantai Sungai Baru, di pesisir Pantai Belo Laut, di Pesisir Pantai Bangka Barat. 

Dalam melaksanakan penanaman mangrove PT Timah Tbk menggandeng kelompok masyarakat, karang taruna, gapoktan  dan nelayan untuk ikut terlibat dalam upaya pengelolaan lingkungan. 

Selain itu, PT Timah Tbk mendukung  kegiatan penanaman pohon di lahan kritis eks tambang yang dilakukan pemerintah maupun komunitas. Diantarnya, PT Timah Tbk ikut menanam pohon di Hutan Lindung Jenu Tanjung bersama Polres Bangka Barat. 

PT Timah Tbk juga mendukung Program Hijau Biru Babelku yang digalakkan Pemprov Babel dengan ikut melakukan penanaman di Kawasan Kaki Menumbing Air Kahar. 

PT Timah Tbk juga terlibat dalam gerakan reboisasi 1000 pohon bersama Forkopimda. Selain itu, dalam memperingati Hari Air Sedunia, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bersama PT. Timah melaksanakan kegiatan penanaman pohon Gelam dan pohon Seruk di areal Sumber Air Baku Cabang Terabik, Desa Belo Laut. Selain itu, dalam peringatan HUT TNI, PT Timah Tbk juga  berpartisipasi reboisasi lahan kritis di dusun Daya Baru Belo Laut.

Bupati Bangka Barat H.Sukirman mengapresiasi PT Timah dalam hal pelestarian lingkungan dan mendukung kegiatan pelestarian lingkungan yang dilakukan Pemerintah maupun komunitas. 

"PT Timah telah menunjukkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan hidup seperti  penanaman manggrove, partisipasi dalam mendukung hijau biru Babelku, baik yang dilakukan pemda Bangka Barat dan pemerintah propinsi, dan lain lain," kata Sukirman.

"Ini sebagai bentuk sinergitas antara PT Timah dan Forkopimda dalam hal pelestarian  dan penyelamatan lingkungan hidup," sambungnya. 

Senada, Camat Muntok Sukandi mengatakan selain penanaman pohon PT Timah Tbk juga kerap membantu sarana dan prasarana untuk menjaga pelestarian lingkungan. 

Sarana yang dibantu PT Timah Tbk diantaranya  bantuan Mobil roda tiga untuk angkut sampah di Teluk Rubiah. 

"Selain penaman pohon di Muntok, di bidang lingkungan hidup PT Timah cepat merespon permintaan masyarakat, seperti memberikan bantuan alat berat dan mobil angkut di pembersihan sampah di TPU Kuteseribu," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022