Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap II bagi 300 keluarga sasaran.

"Sebanyak 300 keluarga ini menerima uang tunai senilai Rp20 juta untuk perbaikan rumah mereka agar lebih layak huni," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan penyerahan bantuan dana perbaikan rumah itu merupakan realisasi program BSPS tahap II.

"Kita mendapat dukungan dari Balai Penyedia Rumah dan ini merupakan penyerahan buku tabungan, yang mana mekanismenya mereka ini dibantu dalam bentuk uang sebesar Rp20 juta untuk merehabilitasi rumahnya," kata dia.

Ia menjelaskan dari bantuan Rp20 juta itu dengan rincian Rp17,5 juta dalam bentuk bahan dan Rp2,5 untuk upah.

"Sebelumnya pada tahap I Bangka Tengah sudah mendapatkan bantuan program BSPS sebanyak 100 KK dan ini tahap kedua sebanyak 300 KK, sehingga totalnya ada 400 KK yang mendapatkan BSPS," jelasnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan Bangka Tengah Fani Hendra Saputra mengatakan realisasi program BSPS di daerah itu merupakan terbanyak dibandingkan dengan daerah lainnya di Babel.

"Bahkan Bangka Tengah menjadi pelopor dari pelaksanaan program BSPS 2022, hingga sekarang sudah 400 rumah yang menjadi sasaran," katanya.

Ia mengatakan jika nantinya ada kendala dalam proses perbaikan rumah, warga bisa langsung berkonsultasi ke Disperkimhub atau satnaker yang menaungi.

"Bapak ibu, jika ada kendala nantinya bisa dikonsultasikan bersama. Pokoknya Disperkimhub dan satnaker dari Kementerian PUPR akan selalu membantu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022