Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak para mahasiswa bangga menggunakan produk lokal agar dapat ikut membantu mendongkrak perekonomian domestik.

"Kualitas produk dalam negeri tidak kalah dibandingkan produk luar, kami berharap gerakan bangga produk lokal ini bisa meningkatkan minat masyarakat untuk selalu menggunakan produk dalam negeri untuk kebutuhan sehari-hari," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel Tarmin, di Pangkalpinang, Senin.

Untuk menanamkan kecintaan dan kebanggaan terhadap produk dalam negeri ini, lanjutnya, Disperindag Babel secara rutin menggelar sosialisasi dan promosi kepada masyarakat.

"Hari ini kami gelar kegiatan sosialisasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) kepada para mahasiswa di Pangkalpinang, kami berharap mahasiswa akan bangga produk dalam negeri," ujarnya.

Dengan semakin meningkatnya minat membeli produk dalam negeri, masih menurut dia, maka ke depannya akan memberikan dampak positif terhadap pelaku usaha sehingga membantu upaya memulihkan ekonomi nasional.

"Selain itu kami juga menyampaikan agar para mahasiswa bangga produk lokal daerah, tidak perlu minder pakai produk lokal daerah," kata Tarmin.

Menurut dia, Indonesia memiliki kekayaan luar biasa dan banyak pelaku usaha yang berhasil menciptakan produk berkualitas internasional dengan tampilan menarik dan kekinian.

Ia mengemukakan, memakai produk dalam negeri akan membawa dampak positif bagi para pelaku IKM dan UMKM di Indonesia, khususnya di Babel.

"Sedikit peran kita membantu meningkatkan kesejahteraan dampaknya sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan saudara kita se-Tanah Air," katanya.

Menurut dia, IKM dan UMKM seperti lantai yang terhubung satu sama lain, dengan membeli produk IKM dan UMKM maka permintaan meningkat, lalu produksi meningkat. Selanjutnya dengan produksi meningkat maka kebutuhan tenaga kerja pastinya semakin besar, maka munculnya potensi lapangan kerja yang luas juga bagi masyarakat.

"Tanamkan rasa bangga terhadap produk dalam negeri menjadi kewajiban dan bukan sekedar ucapan semata. Semoga sosialisasi BBI dalam pelaksanaan promosi produk dalam negeri ini, dapat membawa manfaat bagi para mahasiswa," kata Tarmin.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022