Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan meningkatkan kualitas kesejahteraan para guru di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan upaya ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi para guru 3T dalam memajukan dunia pendidikan di daerah itu. 

"Pemerintah daerah terus berupaya untuk memperhatikan kesejahteraan para guru terutama guru-guru di daerah 3T," katanya.

Hal ini disampaikan Bupati dalam rangka memperingati HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN).

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan memberikan perhatian khusus kepada para guru yang saat ini menjalankan tugas di daerah 3T.

Selain sebagai kewajiban pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu, lanjut Bupati, hal ini menjadi hak asasi yang memang seharusnya diterima oleh para guru 3T.

"Jadi semacam hak asasi yang harus mereka terima apa yang telah mereka lakukan selama ini," ujarnya.

Sahani menambahkan, peringatan Hari Guru Nasional adalah momentum untuk melakukan evaluasi terhadap sektor pendidikan di daerah itu.

"Termasuk bagi kami pemerintah daerah juga wajib melakukan evaluasi dan memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya sehingga dunia pendidikan menjadi lebih baik," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Belitung, Soebagio mengucapkan selamat memperingati Hari Guru Nasional bagi seluruh guru di daerah itu.

Ia menyebutkan, menjadi guru merupakan profesi yang mulia.

"Guru adalah patriot pahlawan yang mencerdaskan anak bangsa saat ini," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022