UPTD Rumah Promosi Kemasan (RPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima kunjungan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Pematang Siantar, dalam rangka mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan produk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerahnya melalui kunjungan study tiru ke Provinsi atau Kota lain yang ada di Indonesia.

"Kita mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada jajaran Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar karena telah mengunjungi UPTD. RPK Disperindag Babel," kata Sekretaris Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Deki Susanto saat menyambut rombongan dari Dinas KUMKM Pematang Siantar di Pangkalpinang, Jumat.

Deki berharap, adanya kunjungan tersebut, selain dapat mempererat tali silaturahim antara Disperindag Provinsi Babel dan Dinas KUMKM Kota Pematang Siantar,  juga menjadi motivasi bagi UPTD. RPK untuk lebih baik lagi kedepannya dalam mengembangkan dan melayani masyarakat.

"Selain meningkatkan silahturahmi semoga ini menjadi motivasi bagi untuk kita lebih baik lagi dalam melayani dan mengembangkan produk," harapnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar, Herbet Aruan menjelaskan, pemerintah Kota Pematang Siantar terus mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan produk oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerahnya.

Hal itu sesuai dengan visi misi Wali Kota untuk menjadikan masyarakat Kota Pematang Siantar yang sehat, sejahtera dan berkualitas. Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pelaku usaha maka Pemerintah Kota Pematang Siantar melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar berencana untuk mendirikan Rumah Promosi dan Kemasan di Kota Pematang Siantar. 

Untuk itu pihaknya merasa perlu menggali informasi dan melakukan studi tiru ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah terlebih dahulu memiliki UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan. 

"Kami melakukan kunjungan kerja sekaligus studi tiru. Besar harapan kami, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkenan menerima kedatangan kami dan berbagi ilmu terkait pembentukan Rumah Promosi dan Kemasan di daerah kami,” katanya.

Di tempat terpisah Yossie Riestu Pradhifta, Kasi Pengembangan dan Pemasaran UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan Babel menuturkan, tujuan kunjungan kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Sumatra Utara yaitu untuk melihat dan bertanya secara langsung terkait proses pembentukan UPTD. RPK Babel sebab daerah tersebut berencana akan membuat Rumah Kemasan di Kota Pematang Sumatra Utara.

"Studi tiru untuk pembentukan rumah kemasan di Kota Pematang Siantar,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala UPTD. RPK Babel, Alfatah Suriaan juga berharap kunjungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar ke UPTD. RPK Babel dapat menjadi referensi dinas tersebut untuk mengembangkan layanan kepada masyarakat dalam membentuk UPTD. RPK Kota Pematang Siantar. 

"Agar pertemuan ini dapat menjadi referensi untuk Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Pematang Siantar dalam mengembangkan layanan kepada UMKM khususnya layanan kemasan dan kedepannya semoga terjalin kerjasama antara UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Bangka Belitung dengan Pemerintah Kota Pematang Siantar," kata Alfatah.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022