Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan konsep perencanaan dan detail gambar kerja untuk perbaikan Pasar Parittiga agar pasar tradisional itu lebih bersih, tertib, aman dan nyaman.

"Kami sudah siapkan masterplan (rencana induk) dan detail engineering design (DED) untuk penataan ulang Pasar Parittiga, kami berharap tahun depan bisa direalisasikan sehingga pedagang semakin dan pengunjung nyaman berada di pasar," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Menurut dia, persiapan rencana induk penting dilakukan sebagai pegangan awal dalam perencanaan penataan ruang seluruh kawasan pasar, sedangkan DED akan membantu seluruh yang terlibat dalam proyek tersebut karena berisi detail gambar kerja bangunan yang lengkap dan detail sebagai dokumen utama dari perencanaan proyek pembangunan.

"Untuk pendanaan kita akan lakukan intervensi agar bisa mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan jangka panjang pasar tersebut, sedangkan untuk perbaikan mendesak kita upayakan dengan dana daerah dan bantuan perusahaan yang ada," kata Bong Ming Ming.

Beberapa fasilitas yang mendesak untuk diperbaiki, ujar dia, antara lain toilet, mushala, penataan pedagang dan saluran air yang sering bermasalah pada saat hujan turun.

Menurut dia, untuk perbaikan beberapa fasilitas pendukung kenyamanan pasar masih bisa menggunakan pola kerja sama dengan menggandeng beberapa perusahaan seperti Bank SumselBabel dan PT Timah Tbk, agar menyalurkan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan ke pasar tersebut.

"Kita akan mulai beres-beres pekerjaan yang bersifat mendesak di bulan ini, sedangkan untuk dana penataan pasar ini belum dikalkulasi secara rinci, namun diharapkan pada tahun depan sudah bisa dimulai," katanya.

Hal ini dikatakan Bong Ming Ming setelah melakukan peninjauan ke Pasar Parittiga. Dalam kunjungan ke pasar tersebut Wakil Bupati melihat langsung kondisi pasar dan beberapa permasalahan yang ada, seperti jalan berlubang, pasar becek, saluran air tidak lancar, penataan pedagang yang belum tuntas dan lainnya.

"Kami berharap ke depan pasar itu bisa lebih modern, bersih, rapi dan nyaman sehingga perekonomian masyarakat bisa terus bergerak membaik," kata Bong Ming Ming.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022