Sebanyak 252 atlet usia 13 hingga 16 tahun mengikuti kejuaraan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar di Pangkalpinang 12 hingga 14 Desember 2022.

"Pada DBON tahun ini yang melibatkan atlet kelompok umur dari seluruh kabupaten dan kota di Babel ini kita pertandingkan tiga cabang olahraga, yakni atletik, karate dan renang," kata Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Provinsi Babel Tri Haryono di Pangkalpinang, Selasa.

Menurut dia, penyelenggaraan DBON di Babel yang hanya mempertandingkan tiga cabang olahraga merupakan keputusan terbaik karena kendala jarak dan keterbatasan anggaran.

"Ini tahun pertama Babel menggelar kejuaraan DBON, meskipun seharusnya ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat nasional, namun kita baru bisa menyelenggarakan tiga dan ke depan akan terus kita benahi agar seluruhnya bisa dilaksanakan," katanya.

Tri mengatakan, kejuaraan Cabang Olahraga DBON di Provinsi Babel digelar selama tiga hari, mulai 12 Desember 2022 diikuti 252 atlet pelajar usia 13-16 tahun, dimana masing-masing kabupaten/kota mengirimkan lima hingga enam atlet untuk satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

Perwakilan Pengurus Pusat Igornas, Indra Wiguna mengatakan, kejuaraan cabang olahraga DBON ini merupakan wujud nyata program Igornas yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

"Semua provinsi menjalankan program ini, namun Babel baru tiga cabang olahraga, meskipun seharusnya ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan, bertahap saja karena disesuaikan dengan kemampuan daerah," katanya.

Indra berharap, dalam kejuaraan DBON Babel ini dapat menjaring bibit-bibit atlet muda potensial yang bisa mengikuti kejuaraan nasional DBON seperti yang dicita-citakan.

DBON digelar sebagai ajang untuk melahirkan atlet cabang olahraga dengan sasaran jangka panjang mampu berprestasi di tingkat Olimpiade, karena tujuan dari kejuaraan DBON adalah mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter unggul dan berprestasi.

Dengan hadirnya DBON Igornas diharapkan mampu mendorong anak-anak memiliki semangat dan minat tinggi dalam bidang olahraga seperti yang dicanangkan Pemerintah Pusat, sekaligus mewujudkan sumber daya manusia unggul. dan berprestasi di kancah nasional dan internasional.

"Sasaran kita di kejuaraan DBON ini memang pelajar karena harapannya untuk 10-15 tahun ke depan, agar atlet kita bisa berprestasi di Olimpiade, bukan hanya SEA Games atau Asian Games saja," kata Indra.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022