Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sampai Sabtu (17/12) capaian vaksin penguat dosis pertama sebesar 31,87 persen.

"Dari semua kelompok usia wajib vaksin penguat dosis pertama kecuali kelompok anak - anak, terealisasi sebesar 31,87 persen atau 70.414 orang dari sasaran 287.667 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr Then Suyanti di Sungailiat, Minggu.

Puluhan ribu kelompok masyarakat yang sudah memperoleh vaksin penguat pertama yakni kelompok tenaga kesehatan sebanyak 3.055 orang, petugas publik 17.493 orang, lansia 5.542 orang, masyarakat rentan 44.324 orang.

Kemudian kelompok masyarakat rentan seperti ibu hamil, ibu menyusui, pra lansia sebanyak 2.686 orang dan masyarakat kelompok umum tidak rentan 41.638 orang.

"Dilihat dari data capaian vaksin penguat pertama masih di bawah 50 persen, saya minta masyarakat yang sudah masuk jadwal vaksin penguat pertama hendaknya segera mendaftar di gerai layanan vaksin," ujarnya.

Vaksin penguat "Booster" mempunyai manfaat bagi tubuh untuk mencegah infeksi dari penularan virus corona, mempertahankan kekebalan tubuh, memperkuat antibodi yang sudah terbangun serta memperpanjang masa perlindungan dari virus.

Dengan melakukan vaksinasi dan disiplin menerapkan prokes akan mampu mengendalikan penularan virus corona. Masyarakat wajib kenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, hindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

"Wajib prokes dan mentaati anjuran wajib vaksin sangat penting bagi tubuh kita mengingat potensi munculnya virus corona di tengah masyarakat masih dapat terjadi meskipun kasus sebaran virus sudah dua tahun lebih," jelas Then Suyanti.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022