Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat realisasi sementara layanan vaksin dosis tiga pada kelompok masyarakat rentan di daerah itu mencapai 21,54 persen.

"Terhitung sampai Sabtu (17/12) capaian layanan vaksin dosis ketiga kelompok rentan mencapai 21,54 persen atau 2.686 orang dari target 12.472 orang," kata Kepala Dinkes Kabupaten Bangka dr Then Suyanti di Sungailiat, Senin.

Ia menjelaskan kelompok masyarakat rentan yang memperoleh vaksin COVID-19 baik dosis satu, dua dan dosis tiga meliputi, ibu hamil, ibu menyusui, pra lansia, orang dengan gangguan jiwa dan penyandang disabilitas.

Sedangkan capaian dosis pertama kelompok yang sama kata dia, terdata 100 persen dan dosis kedua 73,70 persen atau 9.192 orang. Sementara pada kelompok ini belum ada yang memperoleh layanan vaksin ke empat karena masih difokuskan kelompok tenaga kesehatan dan lanjut usia.

"Jumlah kelompok masyarakat rentan yang sudah memperoleh vaksin ketiga tersebar di delapan kecamatan dan dipastikan masih akan bertambah capaiannya karena di buka setiap hari kerja layanan vaksin untuk masyarakat," katanya.

Ia  menekankan bagi semua masyarakat kelompok wajib vaksin yang belum mendapatkan layanan suntik vaksin agar cepat mendaftar di layanan vaksin terdekat.

"Saya minta masyarakat yang mendapat vaksin COVID-19 harus mengikuti vaksin sesuai tahapan sampai benar - benar dinyatakan sudah selesai," katanya.

Selain harus mendapatkan vaksin sesuai tahapan, masyarakat diimbau juga harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mengingat kasus COVID-19 masih ditemukan di tengah masyarakat, demikian Then Suyanti.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022