Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung membentuk 30 pos pengamanan di pusat-pusat keramaian selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023, guna mencipta kondusifitas masyarakat di daerah itu.

"Kami memprediksi keramaian untuk di tempat-tempat hiburan terjadi lonjakan cukup tinggi, karena masuk momen liburan sekolah, Natal, dan Tahun Baru 2023," kata Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Yan Sultra di Pangkalpinang, Kamis. 

Ia mengatakan dalam mengantisipasi gangguan keamanan selama liburan Natal dan tahun baru ini, Polda Kepulauan Babel membentuk 30 pos diantaranya 20 pos pengamanan, 7 pos pelayanan dan 5 pos terpadu gabungan di rumah ibadah, pusat perbelanjaan, objek wisata dan tempat hiburan malam.

"Liburan Natal dan tahun baru ini akan ada kelonggaran aktivitas masyarakat, karena pertumbuhan COVID-19 yang sudah terkendali," ujarnya. 

Baca juga: Kapolda Babel cek kesiapan 1.930 personil pengamanan Natal

Menurut dia dua tahun terakhir ini COVID-19 cukup tinggi sehingga ada pembatasan aktivitas masyarakat dan sekarang kegiatan masyarakat sudah mulai dibuka diprediksi akan terjadi keramaian dan kemacetan selama liburan akhir tahun ini. 

"Biasanya terjadi keramaian di tempat wisata dan pusat perbelanjaan dan tempat hiburan lainnya, ini menjadi titik-titik rawan dan harus kita antisipasi karena dalam eforia liburan," katanya. 

Ia menambahkan masalah kemacetan juga diprediksi akan meningkat, berdasarkan amanat Kepala Kepolisian RI menurut survey Kemenhub akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat, diperkirakan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada tahun ini. 

"Untuk Bangka Belitung diprediksi yakni di Pelabuhan Tanjung Kalian, karena meningkatkan arus mudik natal di pelabuhan itu," katanya. 

Oleh karena itu, nanti kepolisian akan patroli ke Pelabuhan Tanjung Kalian, karena diperkirakan banyak masyarakat yang akan berlibur, baik yang akan datang ke Bangka Belitung maupun yang akan menyeberang ke Sumatera.

"Kami terus memperkuat sinergi dan kebersamaan, untuk antisipasi agar semua masyarakat dapat melaksanakan kegiatan dengan aman dan lancar," katanya. 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi/Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022