Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pengunjung objek wisata harus sudah mendapat layanan vaksin COVID-19.

"Menjelang libur Tahun Baru 2023, bagi masyarakat atau wisatawan yang berkunjung di objek wisata harus dipastikan sudah mendapat layanan vaksin COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Ahad.

Ia menegaskan pengunjung objek wisata harus terlebih dahulu sudah memperoleh vaksin guna mencegah terjadinya kembali lonjakan sebaran virus corona yang saat ini sudah mulai mereda.

"Pada saat libur, terutama libur Tahun Baru 2023, dipastikan akan terjadi lonjakan jumlah wisatawan atau masyarakat yang berkunjung di objek wisata, hal ini harus tetap diwaspadai jangan sampai kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka meningkat," kata dia.

Selain harus sudah mendapat vaksin, kata dia, pengunjung wisata juga harus mentaati aturan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air yang disediakan oleh pengelola wisata.

Berdasarkan data informasi perkembangan kasus COVID-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka tercatat sisa pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan kesehatan sebanyak 10 orang berasal dari lima kecamatan.

"Sisa pasien positif COVID-19 tersebut angkanya mengalami penurunan dibandingkan beberapa hari sebelumnya yang mencapai belasan orang," katanya.

Ia mengingatkan bagi warga usia wajib vaksin yang belum memperoleh layanan suntik vaksin baik dosis satu, dosis dua maupun vaksin dosis pelengkap hendaknya segera mendaftar di gerai vaksin terdekat yang dibuka setiap hari kerja.

"Setiap hari kerja, Dinas Kesehatan membuka puluhan gerai vaksin untuk memberikan layanan vaksinasi kepada masyarakat," demikian Boy Yandra.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022