Sebanyak 309 keluarga nelayan di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendapat bantuan sosial tunai masing-masing senilai Rp600.000 dari pemerintah.

Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Selasa, menjelaskan bahwa bantuan sosial tunai (BST) dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disalurkan langsung kepada keluarga nelayan melalui rekening penerima bantuan di Bank BRI.

"Dana tersebut disalurkan kepada masyarakat untuk penanggulangan (masalah) ekonomi warga dan menekan laju inflasi," katanya.

"Tentu saja bantuan ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, apalagi disalurkan menjelang akhir tahun dalam kondisi harga bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga," ia menambahkan.

Bupati mengimbau keluarga nelayan menggunakan dana bantuan sosial dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

"Bantuan ini bersifat sementara, maka manfaatkan sebaik-baiknya. Beli bahan kebutuhan pokok, jangan digunakan untuk keperluan lain yang tidak penting," katanya.

Menurut Sub Koordinator Pengelolaan Penangkapan Ikan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agus Suryadi, di wilayah Kabupaten Belitung Timur, bantuan sosial tunai disalurkan kepada 204 keluarga nelayan di Kecamatan Manggar dan 105 keluarga nelayan di Kecamatan Gantung.

Ia mengatakan bahwa secara keseluruhan bantuan sosial tunai diberikan kepada 2.129 keluarga nelayan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penyaluran bantuan sosial tunai, menurut dia, ditujukan untuk menekan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak dan inflasi.

"Bantuan ini hanya bersifat stimulan saja, sebagai bantalan untuk meningkatkan daya beli keluarga nelayan," katanya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022