Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto terima penghargaan dari BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Kepulauan Bangka Belitung. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Ka. BNNP Babel, MZ Muttaqien pada kegiatan Lapas Bersinar di Lapas Narkotika Pangkalpinang, Kamis (29/12/2022). Penghargaan juga diberikan kepada Ka Lapas Narkotika Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono.

Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi atas komitmen Kanwil Kemenkumham Babel dan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dalam memaksimalkan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika. Juga Atas Partisipasinya Berperan Aktif dan Menjadi Pelopor Pertama Pencanangan Lapas Bersinar dan Pengukuhan Relawan Bersinar di Wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Walikota Pangkalpinang yang diwakili oleh Assisten II Bidang Ekonomi Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro menyambut baik kegiatan Pencanangan Lapas Bersih dari Narkoba (Bersinar) oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dalam rangka mendukung P4GN di wilayah Bangka Belitung.

“Pencanangan Lapas Bersinar oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang ini menjadi salah satu langkah untuk membentuk komunitas anti narkoba dalam rangka mewujudkan Babel Bersinar,” ujar Suryo.

Kepala BNNP Babel, M.Z Muttaqien menyebut bahwa Pencanangan Lapas Bersinar ini merupakan bentuk nyata dari sinergitas antara BNN Provinsi Babel dengan Kanwil Kemenkumham Babel dan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang.

“Kami dari BNNP sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, walaupun Kakanwil belum genap 1 minggu bertugas di Babel dan Ka Lapas juga baru 2 bulan menjabat, namun sudah berani berinovasi untuk berkomitmen mencanangkan Lapas Bersinar yang bersih dari narkoba,” ujar Muttaqien.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto menyampaikan ada 3 kunci utama yang harus diperhatikan untuk mewujudkan pemasyarakatan maju, yaitu deteksi dini, sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, dan berkomitmen berantas narkoba.

Bentuk komitmen tersebut diwujudkan dengan mengimplementasikan beberapa kegiatan seperti penyuluhan bahaya narkoba, razia gabungan bersama, pertukaran informasi terkait P4GN, pelaksanaan program rehabilitasi sosial, dan melakukan tes urin kepada WBP.

Kakanwil, Harun Sulianto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNN Provinsi Babel, Kepala BNN Kota Pangkalpinang, Pemko Pangkalpinang, serta pihak TNI atas sinergi yang telah terjalin baik selama ini dengan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022