Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan enam di antara delapan kecamatan di daerah itu nihil kasus COVID-19.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Selasa, mengatakan enam kecamatan yang dinyatakan nihil COVID-19 meliputi Riau Silip, Puding Besar, Merawang, Mendo Barat, Belinyu, dan Bakam.

Sebanyak dua kecamatan yang masih ditemukan kasus COVID-19, yakni Sungailiat dua kasus dan Pemali satu kasus.

Dia mengatakan tiga orang yang masih terpapar virus corona tersebut saat ini masih menjalani perawatan kesehatan secara intensif di rumah sakit dan balai isolasi.

"Meskipun kasus COVID-19 berhasil mengendali, tetapi masyarakat harus tetap waspada dengan tetap menerapkan prokes dan mengikuti anjuran vaksinasi COVID-19," ujarnya.

Dia optimistis tahun 2023 Kabupaten Bangka meliputi delapan kecamatan dengan 62 desa berhasil mewujudkan zona aman kasus COVID-19.

Berdasarkan data informasi perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka tercatat total kasus mencapai 12.299 orang positif COVID-19, 11.883 orang sembuh, dan 413 pasien meninggal dunia.

Boy Yandra berpendapat, keputusan pemerintah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi COVID-19 menjadi langkah positif awal tahun 2023 karena akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023