Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman meminta para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produk unggulan secara digital.

"Pelaku UMKM harus mulai bertransformasi digital dalam memasarkan produk mereka, ini peluang dan tuntutan pasar," katanya di Koba, Rabu.

Bupati mengatakan, pemasaran sistem digital atau online lebih efektif, hemat biaya, dan tidak memerlukan ruang dan waktu.

"Pelaku usaha bisa berkreasi dan berinovasi setiap saat dalam menjual produk unggulan melalui ruang digital," katanya.

Bupati menjelaskan, transformasi digital merupakan perubahan fundamental terhadap penerapan teknologi dalam semua aspek kehidupan, termasuk pengembangan produk UMKM.

"Peluang bisnis di era digital semakin terbuka dan mudah, juga menjadi tantangan bagi pelaku usaha untuk bisa bersaing di pasar digital," kata bupati.

Menurut bupati, di era digitalisasi ini sudah suatu keharusan bagi pelaku bisnis untuk melakukan transformasi digital.

"Persaingan bisnis di ruang digital berjalan lebih sehat dan tidak memerlukan energi lebih untuk bersaing dengan kompetitor," ujarnya.

Kondisi ini, kata bupati, membuat pelaku bisnis mulai bergeser ke era digital dalam melebarkan sayap-sayap bisnisnya.

"Tentu saja kita dari pemerintah daerah terus mendorong dan mendukung pelaku UMKM untuk terus mengembangkan pemasaran produk melalui transformasi digital," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023