Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan optimis daerah itu tahun 2023 aman dari kasus virus corona.

"Kami optimistis tahun ini Kabupaten Bangka yang terdiri dari delapan wilayah kecamatan akan aman dari virus corona," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Kamis malam.

Dia beralasan, wilayah itu mampu aman dari kasus COVID-19 karena mayoritas atau enam dari delapan wilayah kecamatan dinyatakan nihil kasus corona.

Selain rendahnya jumlah kasus yang masih aktif COVID-19 hanya dua orang, sementara layanan vaksinasi COVID-19 berdasarkan data terakhir dari Dinas Kesehatan Senin (9/1) sudah tinggi yakni vaksin dosis pertama sudah mencapai 82,34 persen atau 236.858 orang dari target 287.667 orang.

Vaksin dosis kedua 70,12 persen atau 201.711 orang. Vaksin penguat dosis pertama 32,12 persen atau 70.964 orang dan penguat dosis dua 6,91 persen atau 1.613 orang.

Boy Yandra mengatakan dua pasien aktif COVID-19 yang masih mendapatkan perawatan kesehatan berasal dari Kecamatan Puding Besar dan Kecamatan Belinyu. Sedangkan enam kecamatan lainnya sudah nihil kasus COVID-19 yaitu, Kecamatan Sungailiat, Riau Silip, Mendo Barat, Merawang, Pemali dan Kecamatan Bakam.

Selama dua tahun lebih ditemukan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka tercatat total kasus mencapai 12.302 orang, 11.886 orang sembuh dari infeksi COVID-19 dan 414 warga meninggal akibat positif virus corona.

Untuk mewujudkan daerah yang aman dari kasus virus corona, Boy Yandra mengajak seluruh masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sementara warga yang belum memperoleh layanan vaksin hendaknya bersiap mendaftar di gerai vaksin terdekat jika pasokan vaksin kembali tersedia.

"Saya minta masyarakat bersabar mendapat layanan vaksin COVID-19 karena sejak Selasa (10/1) stok vaksin di Dinas Kesehatan sedang kosong," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr Then Suyanti mengatakan pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Kesehatan untuk mendapat pasokan vaksin.

"Kami sudah mengusulkan ke Kementerian Kesehatan agar mendapat pasokan vaksin COVID-19, dan diharapkan dalam waktu dekat vaksin tersebut sudah dikirim," ujarnya.*

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023