PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung mencatat di sepanjang tahun 2022 telah menyerahkan dana santunan sebanyak Rp 10,26 miliar, naik 13,83 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di 2021. 

"Penyerahan santunan tertinggi adalah untuk santunan meninggal dunia sebanyak 7,6 miliar, naik 7,04 persen dibandingkan tahun 2021," kata Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung Arny Irawati Tenriajeng di Pangkalpinang, Rabu.

Arny menyampaikan Jasa Raharja selaku pengemban amanat Undang-Undang Nomor 33 dan 34 selain memberikan pelayanan dan menyerahkan santunan kepada korban kecelakaan, juga memiliki komitmen untuk turut serta meningkatkan keselamatan lalu lintas melalui program pencegahan kecelakaan.

Jasa Raharja juga berkolaborasi dengan stakeholder terkait seperti Kepolisian Lalu Lintas dan Dinas Perhubungan dengan memberikan bantuan Sarana Pencegahan Kecelakaan berupa traffic cone, barricade, helm, papan peringatan, life jacket, life buoy dan lain-lain. 

 "Kami secara rutin melakukan Program-program edukasi keselamatan berkendara ke komunitas, masyarakat, siswa sekolah, mahasiswa serta masyarakat di Kelurahan / Desa, dengan harapan nantinya keselamatan berkendara, tertib berlalu lintas akan menjadi budaya di masyarakat Bangka Belitung," jelas Arny.

Arny menambahkan peningkatan pembayaran santunan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Ini menjadi keprihatinan kita bersama dan Jasa Raharja tentunya bersama stakeholder sangat concern terkait masalah ini.

"Kami ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh stakeholder lalu lintas yang selama ini telah bersama-sama telah berkolaborasi membuat program-program pencegahan untuk meningkatkan keselamatan di jalan," tutup Arny.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023