Pangkalpinang (Antara Babel) - Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Provinsi Bangka Belitung (Babel), pada tahun ajaran baru 2013/2014 menerima 160 orang mahasiswa baru yang dibagi empat program studi.


"Kuota penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan Kementerian Kesehatan masih kurang karena minat lulusan SMA, MA dan SMK untuk mendaftar cukup tinggi," ujar Kabag Administrasi Poltekkes Babel, Purnomo di Pangkalpinang, Selasa.


Ia menjelaskan, dari total kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 160 orang tersebut dibagi untuk empat program studi (Prodi) yaitu sebanyak 40 orang untuk Prodi Keperawatan, 40 orang untuk Prodi Kebidanan, 40 orang untuk Prodi Gizi dan sebanyak 40 orang untuk Prodi Farmasi.


"Penerimaan mahasiswa baru tahun ini masih disesuaikan ketersediaan sarana dan prasana serta sumber daya manusia (SDM) dosen yang masih kurang memadai," ujarnya.  

Ia mengatakan, pendaftaran calon mahasiswa ini sudah dibuka Senin (27/5) dan berakhir Jumat (21/6) 2013.


"Pada hari pertama, siswa yang mendaftar sebanyak 59 orang dan hari ini diperkirakan mencapai 70 hingga 80 orang siswa," ujarnya.


Menurut dia, minat lulusan SLTA mendaftar di Poltekkes cukup tinggi, karena perguruan tinggi ini berstatus negeri dan kebutuhan tenaga kesehatan di Babel yang masih cukup tinggi, sehingga tamatan Poltekkes akan mudah mendapatkan pekerjaan setelah tamat di perguruan tinggi ini.


"Diperkirakan siswa yang mendaftar hingga pendaftaran ditutup akan mencapai 400 orang, sementara kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini hanya 160 orang," ujarnya.


Ia mengatakan, siswa yang akan mendaftar ke Poltekkes cukup membawa tanda bukti kelulusan dari sekolah masing-masing siswa.


"Saat ini, lulusan SLTA ini, kan belum mendapatkan ijazah, sehingga mereka cukup membawa tanda lulus yang telah dilegalisir pihak sekolah," ujarnya.  

Ia menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru Poltekkes Babel tidak termasuk dalam penerimaan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), melainkan penerimaan melalui jalur mandiri dengan seleksi sendiri meliputi tes tertulis serta kesehatan dan juga soal yang dibuat langsung dari pusat.


"Untuk itu kita informasikan bagi masyarakat Babel sekarang telah ada sekolah keperawatan negeri yakni Poltekkes Babel, bagi calon mahasiswa yang berminat dapat langsung mengunjungi kampus Poltekkes Babel dalam mencari informasi dan lain sebagainya," jelasnya.

Pewarta: pewarta: aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013