Sejumlah peristiwa penting dan menarik terjadi di Bangka Belitung pada Selasa (31/1), di antaranya Kebakaran toko pertanian di Desa Rias Toboali pada Selasa (31/01), hingga banjir yang terjadi di sejumlah desa di Bangka Barat.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.


1. Dua unit damkar padamkan api yang membakar toko pertanian di Desa Rias  

Dua unit Mobil Pemadan Kebakaran Pemda Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil padamkan api yang membakar toko pertanian di Desa Rias Toboali pada Selasa (31/01).

"Setelah mendapatkan laporan dari warga,kami segera meluncur ke lokasi untuk memadamkan api yang membakar satu unit toko pertanian itu,"kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangka Selatan Agus Alvando di Toboali, Selasa (31/01).

2. Tim gabungan Bangka Barat membantu warga tangani banjir 

Tim gabungan dari beberapa instansi di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membantu warga dalam penanganan banjir yang terjadi pada sejumlah lokasi di daerah ini.

"Hari ini terpantau banjir terjadi pada enam desa di dua kecamatan, personel Polres Bangka Barat bersama tim BPBD Kabupaten Bangka Barat telah di lokasi untuk membantu masyarakat dan mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo, di Mentok, Selasa.
 
3. BPBD Bangka petakan wilayah rawan banjir 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memetakan daerah rawan banjir guna mempermudah aksen penanggulangan dan penanganan.

Kepala BPBD Kabupaten Bangka Ridwan melalui keterangan resmi, Selasa mengatakan pemetaan daerah rawan banjir mengacu peringanan dini cuaca ekstrem spasial berbasis dampak di Kabupaten Bangka yang diterbitkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang.

4. BNNP Babel musnahkan barang bukti 15,7 kilogram ganja  

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memusnahkan barang bukti 15,7 kilogram ganja kering di halaman kantor instansi itu, Selasa pagi.

"15,7 kilogram ganja yang dimusnahkan ini hasil dari ungkap BNNP Babel bersama tim gabungan atas kasus tindak pidana penyelundupan narkoba jenis ganja dari Pelabuhan Sungsang Sumatera Selatan di perairan Bangka Barat pada November 2022," kata Kepala BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol MZ Muttaqien.

5. Angka kematian bayi di Babel turun 68 persen  

Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan angka kematian bayi berumur 0 hingga 11 bulan pada periode 2000 hingga 2022 di Kepulauan Babel turun 68 Persen, karena semakin berkurangnya angka pernikahan dini di daerah itu.

"Pendewasan umur perkawinan perempuan ini, mendorong penurunan angka kematian bayi," kata Statistisi Madya BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sri Hapsari di Pangkalpinang, Selasa.

Pewarta: Antara Babel

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023