Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kepulauan Bangka Belitung, mengharapkan hadirnya toko ritel modern mampu membantu pemasaran produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

"Kita mengharapkan kehadiran toko ritel (indomaret) bisa memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk unggulan mereka," kata Bupati Belitung Timur Burhanudin usai meresmikan Gerai Indomaret Desa Padang, di Belitung Timur, Selasa.

Bupati pun mendorong pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produk sehingga bisa dipasarkan di toko ritel modern tersebut dan mampu bersaing dengan produk lainnya.

"Pelaku UMKM saya minta dapat memberikan produk yang terbaik bagi konsumen dan dapat menjadi semangat agar lebih giat dalam berinovasi," ujar Aan, sapaan akrabnya.

Aan menyampaikan, Belitung Timur memiliki aneka makanan khas daerah di antaranya keripik sukun, kricu, keripik pisang, krupuk mentah dan produk lainnya.

"Produk khas lokal tersebut sudah menjadi produk oleh-oleh untuk menunjang sektor kepariwisataan, saya berharap semuanya bisa masuk toko ritel," kata Aan.

Branch Manager Indomaret Sumbagsel Renaldo Tuwongkesong mengatakan, pihaknya berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui penjualan produk-produk olahan lokal dan penyerapan tenaga kerja lokal.

"Karyawannya kita rekrut masyarakat lokal. Untuk produk lokal yang kita jual telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan,” ujar Renaldo.

Ia menambahkan, rekrutmen tenaga kerja lokal dan penerimaan produk khas daerah sudah menjadi komitmen dari awal sebelum toko ritel tersebut didirikan.

"Ini komitmen kita sejak awal dan kita pegang teguh komitmen tersebut," kata Renaldo.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023