Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan pengelolaan keuangan melalui aplikasi elektronik Sistem Informasi Manajemen Daerah Financial Management Information System (SIMDA FMIS).

"Belitung Timur merupakan kabupaten pertama di Babel yang menerapkan SIMDA FMIS atau SIMDA Next Generation," kata Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Babel Cahyo Nugroho usai menghadiri acara bimbingan teknis penggunaan aplikasi SIMDA FMIS di Manggar, Selasa.

SIMDA FMIS merupakan aplikasi elektronik sebagai instrumen pendukung dari program pemerintahan berbasis elektronik yang mulai diterapkan secara menyeluruh di daerah itu.

"SIMDA FMIS relatif tidak banyak berubah dibanding yang lama. Kalau dulu masih stand alone berbasis PC kalau sekarang kita sudah berbasis website,” ujarnya.

Baca juga: Bupati Bangka hadiri bimtek implementasi pengelolaan keuangan desa

SIMDA FMIS, menurut dia, memiliki banyak keuntungan, terutama untuk pengembangan Simda Continuous Audit Continuous Montoring (CACM) yang  bisa digunakan Inspektorat dan manajemen untuk memantau pelaksanaan anggaran.

"Inspektorat bisa memantau langsung tata kelola laporan keuangan dan bisa diambil tindakan atau kebijakan atas kondisi terkini berdasarkan data yang ada di Fmis," jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur Hendriyani mengatakan, SIMDA FMIS juga memudahkan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan.

Baca juga: Tingkatkan kemampuan UKM dalam pengelolaan keuangan, PT Timah selenggarakan pelatihan penyusunan laporan keuangan UKM berbasis digital

"Pengenalan sistem ini untuk membantu semua pengelola keuangan sehingga bisa terekam mulai dari proses perencanaan, hingga pelaksanaan dan evaluasi," ujarnya.

Digitalisasi kata dia tidak terpisahkan dari mekanisme kinerja pemerintahan. Transparansi keuangan adalah salah satu tolok ukur bahwa penyelenggaraan pemerintah dapat terjadi dengan baik.  

“Aplikasi keuangan ini akan mendorong proses peningkatan akuntabilitas keuangan kita, pelaksanaan dan pelaporan," tutupnya.

Baca juga: BPKP Babel dorong pemdes tingkatkan pengelolaan keuangan

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023