Muntok (Antara Babel) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Liga Pelajar Indonesia yang diikuti tim sepak bola pelajar sekolah tingkat menengah pertama dan atas di daerah itu.

"Kompetisi diikuti sebanyak 12 tim sepak bola perwakilan dari seluruh enam kecamatan se-Bangka Barat, masing-masing mengirimkan satu tim tingkat SMP dan SMA," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Fachriansyah di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, kompetisi liga sepak bola antarpelajar tersebut diselenggarakan untuk mencari bibit-bibit muda pesepak bola yang nantinya akan mewakili kabupaten ke tingkat provinsi dan jika juara akan mewakili ke tingkat nasional.

Ia menerangkan, pembukaan kompetisi dilaksanakan pada Selasa (1/3) di Lapangan Binajaya Muntok oleh Pejabat Bupati Sudirganto didampingi Kepala Dinas Dikpora kabupaten, perwakilan Polres Bangka Barat,Danramil Muntok, dan Ketua KONI kabupaten setempat.

"Liga ini merupakan kompetisi sepak bola antarsekolah yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan memperebutkan Piala Bupati Bangka Barat 2016," katanya.

Menurut dia, sepak bola adalah olahraga yang diminati berbagai lapisan masyarakat mulai dari perdesaan, perkotaan sampai ke penjuru dunia.

"Melalui kompetisi seperti ini kami berharap mampu melahirkan pesepak bola andal, berkualitas, dan mampu menorehkan prestasi gemilang sehungga mengharumkan Bangka Barat di kancah sepak bola nasional," katanya.

Selain itu, kompetisi seperti itu juga dapat menjadi ajang mempererat persaudaraan sesama pelajar.

"Kami mengharapkan seluruh peserta berkompetisi dengan sehat menjunjung sportifitas dan mengedepankan 'fairplay' sehingga mampu membangkitkan kembali gairah sepak bola di Bumi Sejiran Setason," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016