Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengembangkan hilirisasi produk perikanan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Sektor perikanan tidak boleh terhenti pada produksi saja, namun harus sampai pada pengembangan hilirisasi dan saya mengajak serta mendorong pelaku UMKM bisa mengembangkan produk hilirisasi perikanan," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Bangka Tengah Pittor di Koba, Selasa.

Ia meminta, para pelaku UMKM terus berinovasi dan berkreasi di sektor perikanan dengan tidak terpaku pada hasil tangkapan ikan saja, tetapi berupaya mengolahnya menjadi bahan baku untuk sebuah produk jadi atau setengah jadi.

"Sebagian pelaku UMKM sudah mulai mengembangkan produk hilirisasi perikanan, seperti di Desa Kurau namun baru bersifat industri rumah dan membutuhkan dorongan dari pemerintah untuk bisa berkembang.

Pelaku usaha perikanan di Desa Kurau sudah mampu mengolah aneka produk makanan yang bahan bakunya dari ikan, seperti getas, kricu, abon ikan, kemplang dan beberapa produk khas lokal lainnya.

"Pengembangan hilirisasi produk perikanan akan menjadi nilai tambah dan memperkuat industri perikanan dari hulu hingga hilir," ujarnya.

Namun demikian, program hilirisasi harus diiringi dengan penguatan di hulu sehingga tidak terkendala dengan persediaan bahan baku dan sumber daya manusia yang ada.

"Pengembangan hilirisasi produk perikanan harus dilakukan, apalagi rata-rata warga pesisir di daerah ini adalah nelayan kecil," ujarnya.

Fittor berharap program perikanan bisa lebih difokuskan dan ditajamkan tahun ini, dengan arah dan kebijakan yang jelas.

Dinas Perikanan Bangka Tengah belum lama ini sudah menggelar pertemuan dengan para pelaku usaha perikanan.

"Pertemuan tersebut kita gelar untuk mempertajam program pembangunan di sektor perikanan, terutama hilirisasi produk perikanan," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah Imam Soehadi.

Ia mengatakan, dalam pengembangan inovasi di sektor perikanan diperlukan sinergitas dan kolaborasi dengan pelaku usaha perikanan.

"Hilirisasi produk perikanan ini tentu saja untuk penguatan ekonomi masyarakat pesisir dan membuka lapangan kerja baru," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023