Direktur Utama PT Timah Tbk Achmad Ardianto meraih penghargaan kategori BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk sebagai CEO Visioner/CEO dengan Vision Terbaik dalam ajang Anugerah BUMN 2023 yang dilaksanakan BUMN Track.

Selain itu, PT Timah Tbk juga meraih apresiasi sebagai Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN dalam Kategori Tranformasi Organisasi dan Kategori Pengembangan UMKM.

Berdasarkan rilis yang di terima Antara  di Pangkalpinang, tiga penghargaan ini diterima oleh Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar dalam Malam Anugerah BUMN 2023 yang dilaksanakan di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Anugerah BUMN merupakan apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan kinerjaperusahaan. Anugerah BUMN 2023 yang memasuki tahun ke-12 mengangkat tema “AkselerasiTransformasi Digital, Inovasi dan RecoveryBisnis BUMN”.

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 sekaligus Menteri BUMN pertama Dr Tanri Abeng, MBA mengatakan, pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaa nnamun juga dikaitkan dengan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengelola strategi bisnis di era transisi endemi. Kategori yang ditetapkan adalah CEO Visioner, Strategic Orientation, Driving Excecution dan Talent Development.

“Para pemenang Anugerah BUMN sesungguhnya memiliki kapasitas untuk menjadi anggota kabinet. Sebab para dirut BUMN memiliki kompetensi lebih lengkap yang menjadi modal utama dalam kepemimpinan,” ungkap Tanri Abeng.

CEO BUMN Track SH Sutarto menjelaskan, sebanyak 104 perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2023. Jumlah ini mengecurut menjadi 73 perusahaan yang lolos seleksi tahap kedua berupa presentasi korporasi.
Sementara itu, sebanyak 45 Direktur Utama BUMN dan Anak Perusahaan BUMN berkompetisi menjadi CEO terbaik melalui wawancara di penjurian tahap ketiga.

“Melalu ajang Anugerah BUMN 2023, BUMN Track sebagai media yang sudah terverifikasi Dewan Pers berupaya mengkomunikasikan hasil torehan kinerja positif BUMN baik dari sisi strategi transformasi, inovasi, pengelolaan talent, implementasi tata kelola perusahaan hingga pengembangan UMKM,” ungkap SH Sutarto.

Ia menjelaskan para peserta yang terpilih telah mengikuti seleksi tahap pertama berupa penilaian dokumen atau data pendukung. Tahap kedua berupa sesi presentasi secara online oleh wakil perusahaan yang dinyatakan lolos pada seleksi tahap pertama. Sedangkan tahap ketiga berupa presentasi CEO yang dinyatakan lolos seleksi tahap dua.

"Didukung tim penilaian oleh PPM Manajemen, Dewan Juri yang terlibat dalam ajang ini memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas, dan reputasi sangat memadai di bidang Tata Kelola Perusahaan (GCG), finansial, dan kepemimpinan, dengan komposisi unsur meliputi akademisi, peneliti, praktisi dan media," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar mengatakan, PT Timah Tbk terus berupaya meningkatkan kinerja Perseroan dalam menjalankan mandat dari negara untuk mengelola sumber daya alam berupa timah untuk memberikan manfaat kepada Pemerintah, Negara dan masyarakat.

"Apresiasi ini menjadi motivasi kami untuk terus memacu kinerja, melakukan langkah strategis dalam mengelola sumber daya alam timah sebagaimana yang ditugaskan negara kepada kami," ucapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023