Kepala Bidang Pemasaran dan Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Elyta menyebutkan Greenhouse Anggrek Pertamina di Hutan Kota Kelurahan Tua Tunu menjadi destinasi wisata edukasi bagi warga setempat.

"Greenhouse Anggrek ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi eduwisata bagi warga Kota Pangkalpinang. Berwisata dengan suguhan berbagai jenis tanaman anggrek dapat menjadi pengalaman baru bagi wisatawan," ujarnya di Pangkalpinang, Babel, Minggu.

Ia mengapresiasi PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, yang fokus terhadap bidang konservasi keanekaragaman hayati melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Program Greenhouse Anggrek.

Program ini dilaksanakan melalui kerja sama Fuel Terminal Pangkal Balam dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang.

Sementara, CEO Afici Entertainment Afik Haryadi mengungkapkan destinasi eduwisata Greenhouse Anggrek memiliki potensi untuk maju dan dikenal oleh masyarakat Kota Pangkalpinang.

"Salah satu upaya memajukan wisata ini yaitu dengan memperkuat SDM, SDA, dan infrastruktur terkait dalam pengelolaannya seperti lebih memperbanyak lagi koleksi anggrek, penyediaan area camping ground, maupun spot-spot foto Instagramable, yang banyak dicari kawula muda sekarang jika berkunjung ke suatu tempat," ungkapnya.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengungkapkan dibangunnya Program Greenhouse Anggrek ini sebagai wujud kepedulian perusahaan dalam mengonservasi keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia.

"Dilaksanakannya program ini merupakan upaya untuk menghidupkan kembali tanaman anggrek dan menginventarisasi jenis-jenis tanaman anggrek yang sudah ada. Selain itu, kami juga berharap sesuai dengan tujuan dan misi kami, program ini dapat menjadi roda ekonomi baru masyarakat Kota Pangkalpinang khususnya untuk pengurus yang ada di sini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023