Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan analisis terhadap data pemilih hasil pencocokan dan penelitian (coklit).

"Dalam satu pekan ini, kami fokus menganalisis data pemilih hasil coklit oleh pihak KPU setempat," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto di Koba, Minggu.

Robianto mengatakan bahwa analisis data pemilih hasil coklit merupakan bagian dari fungsi pengawalan dan pengawasan pihaknya.

"Kami fokus merampungkan sejumlah temuan dalam coklit sebelum penyusunan daftar pemilih sementara (DPS)," ujarnya.

Sesuai dengan tahapan bahwa pleno DPS pada tanggal 5 April 2023. Sebelumnya, akan ada pleno di tingkat kelurahan/desa dan tingkat kecamatan terhadap perbaikan terhadap daftar pemilih hasil pemutakhiran.

Ia meminta KPU segera merampungkan apa saja yang menjadi temuan dari coklit karena data pemilih masih panjang untuk perbaikan.

"Basis data yang disampaikan harus akurat dan ada temuan di Desa Batu Beriga yang pemilihnya terdata di dua TPS, ini perlu ditindaklanjuti," katanya.

Dikatakan pula bahwa adanya temuan pengawas di lapangan akan disampaikan kepada pihak KPU, dan ini bukti bahwa bawaslu benar-benar mengawal penyusunan daftar pemilih dan pembentukan TPS.

"Saya berharap panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan/desa dapat bekerja maksimal dan tetap menjaga kesehatan demi suksesnya tahapan Pemilu 2024," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023