Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima tim kirab Pemilu 2024.

"Tim II kirab Pemilu 2024 beranggotakan sebanyak 18 orang dengan membawa bendera partai politik yang lolos verifikasi dan menjadi peserta pemilu," kata Kepala Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Belitung Timur Asrikhah di Manggar, Senin.

Ia menjelaskan, KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan Tim II Kirab Pemilu 2024 yang titik awal di KPU Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

"Setidaknya ada delapan lokasi kirab di seluruh Indonesia, yakni KIP Aceh, KPU Kota Batam Kepulauan Riau, KPU Provinsi Kalimantan Barat, KPU Kalimantan Utara, KPU Nusa Tenggara Timur, KPU Provinsi Papua dan KPU Kabupaten Morotai," jelasnya.

Kirab Pemilu ini dilakukan dalam bentuk aktivitas berupa sosialisasi pendidikan pemilih, pengenalan bendera partai politik, sosialisasi cek DPT melalui aplikasi cekdptonline.kpu.co.id, ajakan untuk memilih pada Rabu 14 Februari 2024 serta penyebaran bahan sosialisasi.

"Rencananya tim kirab pemilu akan berada selama sembilan hari di Kabupaten Belitung Timur dan selama sembilan hari, kegiatan kirab akan dilaksanakan di tujuh kecamatan," ujarnya.

Kirab pemilu ini kata Asrikhah penting untuk menandai bahwa tidak sampai setahun lagi rakyat Indonesia sudah akan kembali mengikuti pemilu yang merupakan momen penting bagi keberlangsungan sistem berbangsa dan bernegara.

"Kita semua berharap semoga kirab pemilu dapat bermanfaat, menjadikan pemilu sebagai musyawarah bersama, pemilih bisa terfasilitasi dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan, pemilu harus dihadapi dan dilaksanakan dengan bahagia.

"Pemilu sebagai sarana pemersatu dan jauh dari hoaks, isu SARA dan kampanye negatif," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023