Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat di daerah itu masih stabil menjelang Ramadhan 1444 Hijriah.

Hal itu dikatakan Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya di Sungailiat, Rabu, seusai memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional dan toko moderen di daerah itu.

Forkopimda turun langsung ke pasar di tingkat pedagang pengecer di pasar tradisional untuk
pengendalian inflasi dan memastikan harga kebutuhan masyarakat stabil atau tidak terjadi lonjakan.

"Inflasi terutama pada komoditas kebutuhan pokok masyarakat perlu dikendalikan karena menjelang Ramadhan biasanya permintaan masyarakat cukup besar," katanya.

Pantauan itu untuk memastikan harga kebutuhan pokok masyarakat tetap terjangkau atau tidak melebihi harga eceran tertinggi.

"Jangan sampai ada oknum pedagang memanfaatkan tingginya permintaan kebutuhan pokok dengan sengaja menaikkan harga secara sepihak karena dapat membebani konsumen," jelasnya.

Hasil pantauan di pusat pasar tradisional Sungailiat dan sejumlah toko swalayan diketahui harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat masih stabil dan belum menunjukkan  kenaikan.

"Stok bahan pokok pada tingkat agen masih mencukupi menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H di wilayah Kabupaten Bangka, dilarang melakukan penimbunan kebutuhan pokok karena dapat merugikan masyarakat," kata Kapolres.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023