Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertekad meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) 2023.

"Kita sudah sembilan kali secara berturut-terut meraih WTP dan kami bertekad meraihnya untuk yang ke 10 pada 2023," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka Tengah Cherlini di Koba, Minggu.

Opini WTP merupakan predikat tertinggi yang diberikan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sebagai auditor eksternal terhadap laporan keuangan pemerintah daerah.

"Untuk mendapatkan predikat ini tidaklah mudah, karena ada banyak aspek penilaian yang harus dipenuhi," katanya.

Menurut Cherlini, dengan meraih opini WTP maka jalan Pemkab Bangka Tengah untuk mendapatkan "feedback" atau umpan balik berupa dana insentif daerah (DID) bakal terbuka.

"Untuk mendapatkan DID tersebut, salah satu kategori dasarnya harus meraih opini WTP," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk pengumuman hasil audit laporan keuangan tahunan tersebut kemungkinan akan dilakukan usai Lebaran Idul Fitri tahun ini.

"Untuk tahun ini jauh lebih cepat prosesnya jika dibandingkan tahun lalu dan kita harus optimistis untuk mendapatkan WTP," ujarnya.

Ia mengatakan, membutuhkan kerja sama semua pihak untuk mendapatkan penghargaan atas kinerja dan tata kelola keuangan itu.

"Terutama kerja sama yang baik antar OPD, sehingga terwujud kebersamaan dan kekompakan untuk terus menciptakan pengelolaan keuangan yang semakin baik,” ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023