Untuk memudahkan warga Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu untuk pemakaman warga, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan untuk penataan Tempat Pemakaman (TPU) di Dusun tersebut.

Kepala Dusun Air Abik, Apriyanto mengatakan, pihaknya berinisiatif untuk membuat makam karena sempat mengalami kendala saat ada warga mereka meninggal. Pasalnya, jarak TPU yang ada di Dusun mereka cukup jauh.

“TPU ini baru kami bangun pada tahun 2022 yang lalu, namun sebelumnya di sini memang sudah pemakamanan. Karena disitu dulu ada satu buah Gebong pertama, dan disitu juga para penghuninya dimakamkan, ada tiga kubur yang berada di situ," katanya.

Ia menyebutkan, TPU yang baru dibangun ini merupakan tempat pemakaman untuk warga muslim. Sebelumnya, di Dusun mereka sudah memiliki pemakaman namun pemakaman adat. Sedangkan untuk warga muslim pemakaman hanya ada di Desa Gunung Muda yang jaraknya cukup jauh.

“Untuk TPU ini sendiri sudah bisa dipergunakan oleh warga, dan kami pun sudah memakamkan warga kami di TPU tersebut. Dan selanjutnya kami tidak perlu jauh-jauh lagi untuk memakamkan warga kami. Karena, sebelumnya kami harus kepemakaman yang ada di Desa Gunung Muda, dan itu jaraknya cukup jauh,” ujar Apriyanto.

Ia bersyukur dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk, karena dengan adanya bantuan tersebut, mereka dapat melakukan penataan pada TPU yang dibangun.

“Luasan TPU ini kurang lebih 2 hektar, dan Insha Allah akan kami lakukan pemagaran keliling, demi menjaga dari hewan liar misalnya, dan juga yang jelas lebih tertata tentunya," katanya.

Selain melakukan penataan, dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk pihaknya juga berencana untuk memagar kawasan ini dan membangun rumah singgah untuk menyimpan peralatan pemakaman.

“Dengan adanya bantuan ini, tentunya kami bisa bergerak untuk mengerjakan TPU ini, karena harap maklumlah jika menggunakan biaya dari swadaya, entah kapan bisa selesai kami kerjakan," tandasnya"
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023