Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan fasilitas internet gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan literasi digital dalam memasarkan produk unggulan.

"Kita ingin para pelaku UMKM bisa mengembangkan pasar berbasis digitalisasi untuk efisiensi modal dan meningkatkan pemasaran melalui media digital," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung Timur Bayu Priyambodo di Manggar, Rabu.

Ia menjelaskan, bantuan internet gratis bagi pelaku UMKM bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia.

"Kami berharap dengan terobosan yang dilakukan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM yang mengolah hasil bumi menjadi produk unggulan,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya bantuan ini para pelaku UMKM dapat menghasilkan produk unggulan yang dapat bersaing di kancah regional maupun nasional.

"Sektor UMKM bagian dari kekuatan ekonomi kerakyatan yang menyerap banyak tenaga kerja, maka perlu kita fasilitasi dan didorong untuk pengembangan usaha mereka," ujarnya.

Kepala Kantor Daerah Telkom Tanjungpandan Kurnia Prasetia Zega mengatakan pemberian internet gratis ini agar UMKM di Belitung Timur bisa lebih maju dan berkembang.

"Bantuan ini berupa internet mobile untuk memudahkan para pelaku UMKM tetap bisa menggunakannya dimana dan kapanpun," ujarnya.

Ia mengatakan, pelaku UMKM dapat lebih fleksibel dalam penggunaan internet mobile dan mereka bisa berpindah lokasi.

"Pelaku UMKM menggunakannya sampai 32 orang sekaligus dengan pemakaian password,” jelas Zega.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023