Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan beras kepada 1.300 keluarga penerima manfaat (KPM) guna mendukung ketahanan pangan di daerah itu.

"Hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 1.300 KPM yang menerima bantuan beras untuk ketahanan pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Ia menjelaskan setiap KPM menerima sebanyak 10 kilogram beras, sedangkan target program itu 6.973 KPM yang tersebar di enam kecamatan.

"Targetkan kita tercatat sebanyak 6.973 KPM yang menjadi sasaran dan beras cadangan pangan pemerintah itu kita salurkan untuk tiga bulan ke depan," ujarnya.

Ia menjelaskan penyaluran cadangan pangan pemerintah merupakan instruksi langsung dari Presiden kepada Badan Pangan Nasional.

"Untuk di daerah bekerja sama dengan Perum Bulog dan PT Pos Indonesia yang bertugas sebagai transporter untuk mengantar bantuan ke titik penyerahan seperti kantor kelurahan atau desa," kata dia.

Bantuan beras ini diberikan KPM agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap keterjangkauan pangan dan mendapatkan pangan yang layak.

"Ini merupakan wujud dari kepedulian pemerintah kepada masyarakat akan kebutuhan pangan," ujarnya.

Asisten Manejer Supply Chain dan Pelayanan Publik (SCPP) Bulog Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Indra mengatakan bahwa pihaknya dalam penyaluran bantuan pangan berupa beras mencapai rata-rata 400 ton setiap bulan.

"Dalam satu bulan penyaluran bantuan pangan di Bangka Belitung mencapai 400 ton dan kami sudah siap dengan persediaan yang ada saat ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023