Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hellyana optimis jika pemerintah daerah terus berkomitmen memberikan pelayanan publik yang optimal, dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

" Kita Contohkan di desa misalnya, para Kadus ramah melayani setiap masyarakat, jika ada salah sedikit-dikit tidak apa-apa, karena dalam memberikan pelayanan itu mereka sudah sangat luar biasa Prima," kata Hellyana saat menyebarluaskan Perda Nomor 8 tahun 2015 tentang Pelayanan Publik, di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, Senin.

Hellyana mengatakan adanya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2015 tentang Pelayanan Publik yang terdiri dari 46 pasal 7 bab tersebut, diharapkan mampu menciptakan pelayanan publik yang efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat serta menjalankan roda pembangunan, sehingga terwujudnya kesejahteraan di masyarakat. 

"Perda ini memang di peruntukan untuk masyarakat karena yang memberikan pelayanan publik adalah unsur dari pemerintahan yang anggarannya bersumber dari APBD," kata, Hellyana, yang juga selaku Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Perda tentang Pelayanan publik sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat sehingga pemerintahan dapat memberikan pelayanan dengan baik, cepat, tepat dan mudah di akses oleh masyarakat.  

Ia menambahkan, akan ada penilaian terhadap pelayanan publik dalam memenuhi standar pelayanan publik yang telah ditetapkan. Adanya penilaian dari tingkat Provinsi hingga ke tingkat Desa ini  diharapkan akan mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. 

"Waktu saya masih di komisi 1 masih di penilaian baik, dan memang waktu itu kita pengen penganggaran penilaian sampe di level kabupaten dan desa-desa. Supaya setiap desa juga punya indikator penilaian dalam meningkatkan pelayanan publik," jelasnya. 

Saat ini di dalam memberikan pelayanan publik yang prima maupun informasi telah menggunakan teknologi digital dimana masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan seperti pertumbuhan ekonomi, potensi daerah, maupun  investasi. 

"Informasi sudah pada digital, jadi baik dari desa, Pemerintahan setiap apapun yang kita dapatkan itu bisa langsung di klik dan ditanya, tidak susah lagi bagi masyarakat untuk mendapatkan Informasi- informasi. Ini penting bagi kita semua," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023