Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan ribuan paket berisi bahan pangan pokok untuk kegiatan operasi pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Tahun ini sudah kami siapkan ribuan paket berisi beras, gula pasir dan minyak goreng untuk warga penerima manfaat di seluruh kecamatan, kami targetkan bisa dilaksanakan sebelum lebaran Idul Fitri," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian kabupaten Bangka Barat Aidi di Mentok, Selasa.

Untuk tahap pertama, kata dia, operasi pasar dilaksanakan di Kecamatan Jebus dengan menyiapkan sebanyak 1.210 paket yang akan didistribusikan langsung ke desa-desa yang memiliki warga penerima manfaat program tersebut.

Pada program ini, warga penerima manfaat cukup membayar Rp45.500 untuk mendapatkan satu paket sembako berisi beras lima kilogram, gula pasir satu kilogram dan minyak goreng satu liter.

Harga sebenarnya untuk satu paket yang disalurkan kepada warga tersebut total Rp95.500, dalam hal ini pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp50.000 per paket.

"Setiap desa mendapatkan jatah tidak sama, tergantung jumlah warga yang masuk dalam kriteria penerima manfaat dari program tersebut," katanya.

Ia berharap bantuan itu bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam pengendalian inflasi.

Secara bertahap bantuan tersebut akan dilanjutkan ke lima kecamatan lain yang ada di Kabupaten Bangka Barat dan diharapkan bisa selesai tepat waktu sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami berupaya agar program ini bisa memberikan manfaat bagi warga penerima dan tepat sasaran," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023